Loading...
QURBAN

Syarat Hewan Qurban Sesuai Syariat

28 June 2021

Kata Qurban berasal dari bahasa Arab, “Qurban” yang berarti dekat (قربان). Qurban dalam Islam juga disebut dengan al-udhhiyyah dan adh-dhahiyyah yang berarti binatang sembelihan, seperti unta, sapi (kerbau), dan kambing yang disembelih di hari raya idul adha pada tanggal 10 Dzulhijjah setelah dilaksanakan shalat Idul Adha, dan hari-hari Tasyrik yaitu tanggal 11, 12, dan 13 Dzulhijjah sebagai bentuk taqrub atau mendekatkan diri kepada Allah SWT.  Berqurban merupakan suatu amalan yang paling dicintai Allah SWT yang dilakukan manusia pada hari raya idul adha. Sebagaimana hadist dari Aisyah, r.a, bahwasannya Rasulullah SAW. pernah bersabda:

“Tidak ada suatu amalan pun yang dilakukan oleh manusia pada hari raya qurban yang lebih dicintai Allah SWT dari menyembelih hewan qurban. Sesungguhnya hewan qurban itu kelak pada hari kiamat akan datang beserta tanduk-tanduknya, bulu-bulunya dan kuku-kukunya. Dan sesungguhnya sebelum darah qurban itu menyentuh tanah, ia (pahalanya) telah diterima di sisi Allah, maka beruntunglah kalian semua dengan (pahala) qurban itu.” (HR Tirmidzi)

Penyembelihan hewan qurban berbeda dengan penyembelihan hewan biasa. Hewan qurban memiliki beberapa persyaratan tertentu agar hewan yang diqurbankan sah dan bernilai ibadah:

1. Jenis Hewan Qurban

Hewan qurban haruslah hewan ternak; unta, sapi, kambing, atau domba. Selain hewan-hewan ternak itu, tidak bisa dijadikan sebagai hewan qurban.

2. Usia Hewan Qurban

Hewan ternak yang akan dikurbankan haruslah mencapai usia minimal yang sudah diatur syariat Islam :

  • Unta, berumur 5 tahun & telah masuk tahun ke 6 
  • Sapi/kerbau, berumur 2 tahun & telah masuk tahun ke 3
  • Domba, berumur 6 bulan jika yang berusia 1 tahun sulit ditemukan
  • Kambing, berusia 1 tahun dan telah masuk tahun ke 2

3. Hewan dalam kondisi sehat dan tidak cacat

Menurut standar penyembelihan halal MUI, hewan ternak yang tidak layak dijadikan hewan qurban adalah:

  • Hewan ternak yang matanya buta.
  • Binatang ternak yang kakinya pincang salah satu.
  • Hewan ternak yang sakit.
  • Binatang ternak yang sangat kurus.
  • Hewan ternak yang telinganya putus sebagian atau seluruhnya.
  • Binatang ternak yang putus ekornya.

Hewan bertanduk, seperti kambing atau kerbau mungkin mengalami pecah atau patah tanduk, atau lahir tanpa tanduk. Hewan-hewan demikian ini masih dapat dijadikan hewan qurban asalkan tak mengandung kriteria di atas.

Dalam sebuah hadist juga telah dirinci beberapa hal yang tak boleh dialami oleh hewan yang akan dikurbankan.

“Empat hal yang tidak diperbolehkan pada hewan kurban: (1) yang rusak matanya dan jelas kerusakannya, (2) yang sakit dan jelas sakitnya, (3) yang pincang dan jelas pincangnya, dan (3) yang kurus dan tidak bersumsum.” (HR. Abu Dawud no. 2802, at-Tirmidzi no. 1502, Ibnu Majah no. 3144 dengan sanad yang dinilai sahih oleh an-Nawawi rahimahullah dalam al-Majmu’, 8/227)

4. Hewan qurban adalah milik sendiri

Artinya bukan hasil warisan, atau hewan milik orang lain yang diperoleh dengan cara tidak sah seperti mencuri menipu atau hewan yang masih dalam agunan alias gadai.

Sahabat ternyata bukan hal yang sulit untuk mengikuti syarat hewan qurban saat Idul Adha, bahkan ini memberikan kebaikan pada hewan qurban dan penerimanya. 


Sahabat juga bisa berqurban dengan mudah melalui Program Ayo Qurban bersama Solusi Zakat. Program Ayo Qurban merupakan program layanan kemudahan bagi para sohibul qurban, yang di dalamnya terdapat pemberdayaan terhadap para peternak dan mustahik agar memiliki pandapatan tambahan untuk kesejahteraan yang lebih baik.

Hewan kurban dibeli dari peternak desa dengan harga yang kompetitif, dipilih hewan yang sesuai syariat, kemudian dagingnya diolah menjadi olahan abon dan dibagikan kepada masyarakat. Selain itu, harga hewan qurban di solusi zakat juga sangat terjangkau. Mulai dari Rp. 2.600.0000 sahabat telah berbagi qurban sapi kolektif, dan Rp. 1.950.000 untuk domba standar 21-25kg.

Jadi tunggu apalagi, yukk qurban sekarang!!
Pilih hewan qurbanmu: klik di sini

Artikel Terkait