Loading...
SOSIAL KEMANUSIAAN

SOLUSI ZAKAT Kembali Bantu Palu Dengan Trauma Hiling dan Sembako

11 July 2019

SOLUSIZAKAT.COM, PALU - SOLUSI ZAKAT kembali memberangkatkan 10 relawan ke wilayah terdampak gempa tsunami di Palu, Donggala, Sigi Sulawesi Tengah. Pemberangkatan tim relawan yang kedua kalinya ini melalui bandar udara internasional Achmad Yani Semarang menuju bandar udara internasional Juanda Surabaya untuk transit,  keesokan harinya  dilanjutkan  penerbangan  menuju  Bandar udara Si Al Jufri Palu pada 23/10. Pengiriman kembali relawan dengan agenda penambahan pendirian 2 posko bantuan, pembangunan hunian sementara (huntara), pendistribusian logistik, dapur umum, trauma healing dan pembangunan sanitasi berupa tandon air, pralon, sanyo dan penerangan atau genset.

Posko SOLUSI ZAKAT pertama dibuka di Jalan Gelantik Palu Selatan Sulawesi Tengah yang didirikan sejak 2/10. Kemudian posko kedua didirikan di Jalan Sisingamangaraja No 8A Kota Palu Sulawesi Tengah 23/10. Dan posko ketiga didirikan di Surumana No 35 Kota Palu Sulawesi Tengah Pada 24/10.

Hari pertama tim relawan langsung melakukan trauma healing untuk 50 anak-anak korban gempa tsunami di desa Lumbu Tarombo Kecamatan Banawa Selatan Kabupaten Donggala Sulawesi Tengah. Selain trauma healing anak-anak juga mendapatkan makanan bernutrisi dan majalah khusus anak-anak, Cilukba, pada 23/10. Trauma healing dilakukan oleh pakar ahli yang sudah berpengalaman menangani korban bencana alam.

Selain trauma hiling, SOLUSI ZAKAT juga menyalurkan bantuan 100 paket sembako. Sembako tersebut berupa beras, gula pasir, minyak goreng, daging, telur ayam, susu, gas dan garam. Penyaluran ini dilakukan di Dusun Uwentumbu Rt 03/01 Kelurahan Kawatuna Kecamatan Mantikulore Kota Palu Sulawesi Tengah. Kelurahan Kawatuna adalah daerah yang berbatasan langsung dengan Kelurahan Petobo (yang terkena dampak liquifaksi) sehingga banyak korban yang kemudian tinggal bersama keluarganya yang di Kawatuna. Selama ini distribusi bantuan biasanya hanya ke posko-posko yang ada di lapangan. Sementara yang masih bertahan dengan membuat tenda disekitar rumahnya terkadang tidak mendapat bantuan. Banyak diantara penerima sembako tersebut rumahnya rusak berat akibat bencana.

Salah satu relawan SOLUSI ZAKAT, Taufik menyampaikan rasa terharunya karena bisa membantu para korban gempa tsunami secara langsung. ”Selama ini saya hanya bisa mengikuti berita melalui televisi, koran, radio dan internet saja, Saat bisa langsung bertemu dengan para korban ada rasa senang dan sedih, senang karena bisa membantu, menghibur dan mensupport mereka secara langsung, tapi juga sangat sedih karena kondisi dilapangan jauh lebih sangat memprihatinkan, rumah-rumah benar-benar rata dengan tanah, dan para pengungsian tidur bersama-sama pengungsi lainnya. sampai H plus 1 bulan bencana, anak-anak masih terlihat murung. Saat kami beri training healing dengan metode cerita hiburan dan gerakan mereka terlihat sangat senang, kami juga membagi majalah anak-anak cilukba, mereka juga terlihat sangat antusias membacanya,” terang Taufik kepada tim media SOLUSI ZAKAT.

SOLUSI ZAKAT merupakan lembaga amil zakat yang bergerak dalam bidang penghimpunan dan penyaluran dana zakat, infak, sedekah dan dana-dana sosial lainnya. SOLUSI ZAKAT berkhidmat memberi solusi untuk bangsa dengan berbagi melalui program-program yang serba gratis bagi kaum duafa yang membutuhkan dan program sosial serta program kemanusiaan lainnya. Alamat kantor di Jalan Veteran 55 Semarang. Mitra jejaring di seluruh Jawa Tengah, Yogjakarta, Bekasi dan Aceh.

Direktur Umum SOLUSI ZAKAT, Harjito menyampaikan    ”Pengiriman 10 relawan dan penambahan 2 posko ini dilakukan mengingat masih banyak wilayah terdampak gempa tsunami yang belum tersentuh bantuan, juga untuk meratakan distribusi penyaluran dan membantu mempercepat proses recoveri paska bencana. Selain itu, Kami juga membangun 2 huntara di Palu dalam beberapa hari ke depan. Selain itu kami  menyalurkan bantuan logistik berupa 9 bahan makanan pokok yakni beras, gula pasir, minyak goreng, daging, telur ayam, susu, gas dan garam. Setiap Posko kami lengkapi dengan dapur umum. Trauma healing juga kami lakukan di posko-posko kami dan ke beberapa tempat pengungsian lainnya. Pembangunan sanitasi juga kami lakukan dalam beberapa hari ke depan. Sampai saat ini terdapat ribuan pengungsi yang masih membutuhkan uluran bantuan dari masyarakat. Mereka masih mengalami trauma secara psikologis yang berdampak pada aktivitas mereka, support dan bantuan dari para donaturlah yang akan menjadi awal pemulihan kondisi mereka, sehingga mereka bisa bergegas untuk bangkit dari keterpurukan akibat bencana dan menata kembali kehidupan mereka. Sedikit demi sedikit bantuan dari masyarakat akan berdampak besar bagi mereka. Mari bantu mereka dengan donasi terbaik dari kantong kita, dari lingkungan dan komunitas-komunitas kita. Ajak dan gerakan lingkungan sekitar untuk peduli dan berbagi kepada yang terkena bencana,” terang Harjito kepada tim media SOLUSI ZAKAT.

Berita Terkait